AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya

AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya

AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya

AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya

AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya
AC Mobil Tidak Dingin Ini Cara Mudahnya

Memperbaiki AC Yang Tidak Dingin Bagi pengendara mobil yang tentunya juga menggunakan AC mobil, masalah yang paling umum terjadi adalah AC yang tidak dingin. Ironisnya masalah ini merupakan masalah umum yang terjadi pada system pendingin mobil tersebut. Dengan fungsinya untuk mendinginkan kabin mobil, maka AC yang tidak dingin tentu saja menjadi masalah yang sangat mengesalkan. Bayangkan saja apabila AC mobil anda tidak mampu mendinginkan kabin mobil anda, apalagi pada saat cuaca yang sangat panas tentu anda akan merasa gerah dan yang lebih pasti lagi adalah kenyamanan anda mengemudi akan terengut. Untuk itu melakukan service atau perawatan secara rutin pada AC mobil anda merupakan salah satu cara untuk menanggulangi masalah tersebut.

Namun bagimana jika AC anda telah terlanjur tidak dingin? Nah dalam kesempatan kali ini Dokter Mobil sebagai Specialist AC mobil Kelapa Gading Jakarta Utara akan sedikit membahas tentang bagaimana cara memperbaiki AC yang tidak dingin. Namun sebelumnya kami menekankan bahwa cara ini hanya sebagai pengetahuan dan jika anda melakukannya sendiri, maka kami tidak menjamin segala kerusakan yang mungkin terjadi. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan pada system pendingin yang cukup rumit dan memerlukan keahlian khusus untuk memperbaikinya. Untuk itu kami lebih menyarankan kepada anda untuk mempercayakan Perbaikan AC Mobil anda kepada ahlinya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Setiap masalah sudah tentu ada penyebabnya, begitu pula dengan AC yang tidak dingin. Sebelum mengetahu cara memperbaiki AC yang tidak dingin, tentunya anda harus mengetahui apa penyebab dari masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

  • Putusnya Drive Belt
  • Freon yang kurang atau habis
  • Kondensor dan radiator yang kotor
  • Motor Cooling Fan
  • Spul magnetic clutch putus
  • Tekanan system ac mobil yang berlebihan
  • Oli kompresor yang berlebih
  • Kompresor aus
  • Evaporator yang kotor atau tersumbat
  • Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
  • Overheating pada mesin

Itulah beberapa penyebab AC yang tidak dingin. Namun penyebab AC tidak dingin yang sering terjadi adalah Freon yang berkurang atau habis. Freon yang berkurang atau habis tersebut sering terjadi pada masalah AC mobil yang tidak dingin dan disebabkan oleh adanya kebocoran pada rangkaian system pendingin kabin mobil tersebut. Untuk memperbaikinya, tentunya anda harus membawanya ke bengkel AC mobil untuk mencari kebocoran serta mengganti Freon yang bocor tersebut dengan Freon yang baru. Selain itu masalah evaporator yang kotor juga sering menjadi penyebab AC tidak dingin tersebut. Cara mengatasinya cukup sederhana yakni membersihkan evaporator tersebut, namun yang jadi masalah ada membersihkan evaporator harus memiliki keahlian khusus. Jika tidak maka pembersihan yang dilakukan secara asal – asalan akan berpotensi menyebabkan kebocoran pada kompresor.

Untuk masalah seperti kompresor yang telah aus, Spul magnetic clutch putus dan berbagai masalah lainnya, tentu memerlukan perawatan yang serius. Pasalnya komponen – komponen tersebut sangat rawan terjadi kerusakan bila salah memperbaikinya. Oleh karena itu seperti yang telah kami sampaikan, lebih elok rasanya jika anda mempercayakan perbaikan AC mobil anda pada mereka yang telah ahli dalam bidang ini. Dengan begitu masalah anda akan lebih cepat terselesaikan dan terhindar dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat perbaikan yang asal – asalan yang secara otomatis akan menambah biaya perawatan yang harus anda keluarkan. Semoga sedikit ulasan tentang cara memperbaiki AC yang tidak dingin tersebut berguna bagi anda.

Emil
Emil
 
error: Content is protected !!