Mengenal Kode Pada Ban Mobil

Mengenal Kode Pada Ban Mobil

Mengenal Kode Pada Ban Mobil

Mengenal Kode Ban Mobil, Untuk Ban bukan hanya sekedar mengetahui soal jenis, merek dan diameter nya saja. Terdapat kode unik yang tercetak pada masing-masing ban dengan makna tertentu. Kode ini sendiri telah menjadi keterangan spesifikasi ban dari produsen ban tersebut. Namun, bagaimana sebenarnya cara membaca kode-kode tersebut? Contohnya di Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standar pabrikan akan memiliki kode 185/65/R16 88H, apa artinya ya?
mengenal kode ban mobil

Lebar dan Tinggi

Angka 185 pada kode tersebut menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur millimeter. Artinya, angka tersebut menunjukkan telapak ban yang memiliki lebar 185 millimeter. Kemudian, angka 65 akan menunjukkan ketebalan/tinggi dinding bang yang biasanya dihitung melalui presentasi lebar ban. Untuk itu angka 65 merupakan tebal/tinggi ban 65% dari lebar telapak. Bila angka tersebut semakin kecil maka semakin tipis dinding ban tersebut.

Konstruksi dan Diameter

Kode R pada jajaran kode tersebut sering diartikan sebagai kepanjangan dari ‘Ring’ atau juga satuan diameter. Padahal, kode R tersebut merupakan keterangan konstruksi ban, yang tepatnya dibuat oleh teknik Radial. Angka 16 lah yang baru menunjukkan diameter lingkar ban yang artinya 16 inci.

kode-kode tersebut memiliki makna khusus dan biasanya mampu memberikan informasi yang memadai bagi si pengguna kendaraan. Di Indonesia, pengukuran biasanya menggunakan metric dengan kode 185/65/R16 88H. Untuk angka 88 pada kode tersebut menandakan indeks beban maksimal yang bisa ditopang oleh ban. Angka 88 berarti satu ban mampu menopang beban hingga 560 kilogram. Sedangkan untuk mobil, indeks beban maksimum dibuat antara 62 (265 kg) hingga 126 (1700 kg).

Lalu ada kode H yang menandakan batas kecepatan yang bisa ditempuh dengan ban tersebut yakni 210 km/jam. Kode terendah nya adalah kode F dengan batas 80 km/jam, sementara yang tertinggi adalah Y yang mampu mencapai 300 km/jam. Bukan hanya kode-kode di atas saja yang penting, kode masa produksi juga dicantumkan pada ban mobil tersebut disertai dengan keterangan pekan dan tahun produksi. Contohnya bila pada dinding ban dekat bibir velg terdapat kode 1015 artinya ban diproduksi pekan ke-10 tahun 2015. Kode-kode ini bisa dijadikan panduan bagi Anda yang ingin membeli ban baru untuk mobil Toyota Anda.

Emil
Emil
 
error: Content is protected !!